Uncategorised

3 Fakta Vaksin Pfizer Ini Harus Kamu Ketahui Sebelum Divaksin

Banyak dari masyarakat Indonesia yang belum mendapatkan vaksin Covid-19, ntah itu masih tidak berani divaksin atau memang belum mendapatkan stok vaksin. Namu jangan terlalu khawatir, vaksin jenis Pfizer dikabarkan telah masuk ke Indonesia, dengan menggunakan program agar mampu melawan virus covid ini.
Vaksin Pfizer diketahui dibuat oleh Amerika Serika, vaksin ini awalnya pernah menjadi incaran karena mempunyai efikasi sebesar sembilan puluh lima persen. Diketahui juga bahwa vaksin ini menggunakan metode mRNA yang bisa membentuk sistem kekebalan terhadap tubuh lalu membuat spike protein agar antibodi menjadi lebih kuat.
Berikut ini fakta dari vaksin tersebut, yang harus diketahui sebelum divaksin:

1. Diklaim sangat efektif untuk anak berusia 12 tahun
Vaksin ini juga sudah diberi izin oleh BPOM RI untuk diberikan kepada mereka yang membutuhkan vaksin ini. BPOM juga mengatakan bahwa vaksin Pfizer ini sangat efektif untuk menghindari corona pada anak yang berusia 12 tahun.
Efektifitas vaksin ini juga diakui oleh BPOM sendiri

2. Memilik efek samping
Tentunya vaksin yang walaupun memiliki efikasi tinggi ini sangat cocok untuk mencegah corona, namun efek ini masih memiliki efek samping. Efek sampingnya ketika kita selesai di vaksin, kita mungkin akan merasakan nyeri, sakit kepalam mual, demam, atau kedinginan dan merasakan sakit pada area yang disuntik.
Hal tersebut juga masih tergolong wajar dan tidak terlalu serius.
Namun dilaporkan oleh penyedia vaksin bahwa efek samping ini biasanya terjadi di vaksinasi kedua. Untuk vaksinasi pertama biasanya penerima vaksin cenderung tidak mengalami efek samping apa-apa.

3. Penerima vaksin
Seperti yang disebutkan, vaksin ini memang dikenal dengan efikasinya yang tinggi. Hal tersebut juga tentunya membuat BPOM merekomendasikan siapa saja penerima vaksin yang seharusnya. Adapun diantaranya anak-anak yang berusia 12 tahun, pengidap jantung, pengidap hiv, ibu menyusui dan ibu hamil.

Vaksin di Indonesia sendiri sudah hal yang sangat wajib dilakukan guna untuk mendapatkan sertifikat vaksin.
Di masa pandemi ini, jika anda tidak memiliki kartu vaksin maka anda akan sulit untuk berpergian jika sedang ada hal yang perlu untuk dilakukan.
Kalau anda belum melaksanakan vaksin, ada baiknya segera mencari vaksin yang tersedia disekitar anda.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *