Uncategorised

4 Hal Yang Menyebabkan Perut Sakit Pada Saat Menstruasi

Untuk wanita yang biasanya merasakan kesakitan saat haid atau menstruasi pasti mengalami perasaan yang campur aduk. Ketika bulan menstruasi telah datang, maka hal yang akan dilakukan oleh sejumlah wanita adalah membeli obat atau bahkan alat untuk mengurangi nyeri yang terjadi di perut saat sedang menstruasi.

Hal tersebut wajar saja mengingat perut akan mengalami kram ketika cairan atau menstruasi yang sedang terjadi dan menganggu konsentrasi serta aktifitas yang biasanya dilakukan oleh mereka.

Akan tetapi biasanya selalu ada konndisi dimana sejumlah wanita merasakan sakit perut yang lebih menyakitkan lebih dari biasanya, hal itu tentunya bukan tidak memiliki alasan.

Berikut ini beberapa penyebab yang dapat membuat perut kamu terasa lebih perih dan nyerih lebih dari biasanya.

1. Endometriosis
Kerap sekali terjadi pada wanita yang sedang menstruasi, Endometriosis adalah rasa nyerih yang timbul dikarenakan jaringan yang melapisi dinding lahim mengalami tumbuh dan menggumpal diluar rahim. Hal ini masih normal sehingga bisa mengakibatkan nyerih diantara pelapis panggul.

2. Fibroid
Fibroid rahim ini merupakan sebuah pertumbuhan yang bisa dikatakan non-kanker yang ada di dalam rahim dan luar tahim. Hal ini juga memicu perut akan terasa lebih nyerih dari biasanya yang pasti hal ini tidak ada kaitannya dengan kanker atau akan mengembang menjadi kanker.

3. Radang Panggul
Kondisi ini biasanya dirasakan oleh wanita yang berusia diantara 15 sampai dengan 25 tahun dimana usia yang masih aktif dalam berhubungan seksual. Radang ini juga biasanya terasa sakit di bagian panggul atau perut bagian bawah. Hal ini biasanya diperlukan penanganan juga untuk mencegah terjadinya komplikasi atau penyakit yang berbahaya lainnya apabila terlalu sering dirasakan.

4. Kelainan pada serviks
Untuk sejumlah wanita yang merasa kondisi ini sudah tidak wajar lagi, ada kala baiknya dicek atau diperiksa di dokter guna untuk menghindari kondisi ini. Kelainan pada serviks merupakan kondisi yang cukup berbahaya karena harus dikontrol karena mengalami penumbuhan yang tidak wajar di mulut rahim.